Loading..

Loading

Here goes your text
arrow_back

Panduan Teknis Membuat Thread dan Reply di Forum

Panduan Teknis Membuat Thread dan Reply di Forum

rate_review

Melihat adanya beberapa anggota Indoflyer yang kesulitan dalam membuat thread ataupun post reply, khususnya yang ada gambar. Berikut panduan singkat dalam membuat thread dan reply di forum Indoflyer yang baru.

Membuat Thread/Reply

Mengingat teknis pembuatan thread dan reply adalah mirip, maka panduan akan digabung. Teman-teman dimohon untuk menyesuaikan

Langkah-langkah

1. Melakukan login ke akunnya masing-masing

2. Klik subforum yang sesuai untuk calon thread yang akan dibuat. Pastikan tidak salah subforum untuk threadnya. Misal, ingin berdiskusi tentang kamera silahkan buat thread di subforum The Darkroom.

3. Klik tombol New Thread  untuk membuat thread baru atau klik Reply untuk membalas suatu thread/komentar yang sudah ada


4. Berikut tampilan thread editor yang akan dilihat teman-teman. Tampilan reply editor sama seperti ini, hanya tidak ada thread title editor.


Keterangan

a. Pastikan TIDAK MEMASUKAN EMOJI PADA JUDUL THREAD ATAU TEXT EDITOR. Sampai post ini dibuat, emoji belum didukung oleh sistem Indoflyer (dalam pengembangan).

b. Bila ingin menyisipkan gambar pada isi thread/reply, dapat menggunakan fitur Insert Image from URL (ikon gambar) pada text editor atau photo uploader, dengan meng-klik ikon gambar atau ikon plus.

c. Jika menambahkan gambar dengan metode insert image dari URL, pastikan ukuran maksimal gambar terpanjang adalah 1000 pixel, hal ini demi kenyamanan bersama dan keindahan thread.

d. Jika ingin menambahkan link, pastikan mengetik lengkap dengan http:// pada url yang dituju. Contoh pada gambar di bawah ini.


5. Selesai membuat thread/reply, klik "buat thread" atau "kirim balasan".

rate_review

PANDUAN TEKNIS UPLOAD PHOTO DENGAN PHOTO UPLOADER

Pada story ini akan diulas bagaimana mengupload foto dengan photo uploader. Ingat, ini bukan untuk upload photo dengan metode Insert Photo from URL.

Pada forum Indoflyer yang sekarang, sistem membuat thread adalah dengan sistem story. Artinya, suatu thread dibangun dengan story yang ada. Jika Anda ingin menyisipkan gambar pada satu story, upload gambar pada story yang sedang aktif. Untuk melanjutkan story, klik Add New Story.


Contoh kasus

Anda ingin menampilkan gambar Boeing pada story pertama dan ingin menampilkan gambar Ilyushin pada story kedua.
Langkah-langkah 
1. Isi text editor dengan apa yang Anda ingin tuliskan dan pastikan tidak menggunakan emoji. Dalam kasus ini, pada story pertama akan ditulis  “Berikut ini adalah pesawat Boeing”
2. Upload photo sesuai konteks story yang Anda tulis.
3. Klik Add New Story untuk melanjutkan ke story berikutnya

Selanjutnya, anda ingin melanjutkan membahas mengenai Ilyushin. Anda diharuskan meng-klik Add New Story agar story anda tidak bergabung dengan story Boeing.

4. Jika sudah, kita akan lanjut membuat story kedua. Anda harus meng-klik Add New Story dan akan muncul text editor dan photo uploader yang masih kosong.


5. Isi text editor dengan apa yang Anda ingin tuliskan dan pastikan tidak menggunakan emoji. Dalam kasus ini, pada story kedua akan ditulis “Ini merupakan gambar pesawat Ilyushin"


6. Jika sudah selesai, klik buat thread.

rate_review

Contoh post yang dapat dijadikan patokan dalam membuat thread/reply yang ada fotonya.


Post yang menggunakan fitur Insert Image from URL dalam pembuatannya

Memori Supir Bus Malam (Fase Pemulangan Haji) - Indoflyer

Post yang menggunakan fitur single story dan photo uploader

Soewondo Air Show 2019 - Indoflyer

All About DCS World - Indoflyer

Diecast Aviasi 1/400 - Indoflyer

Post yang menggunakan fitur multi story dan photo uploader

Trip Report Virtual FS9 | Terbang ke Kota Pahlawan ( Bonus Spotting ) - Indoflyer

Spotting di Critical Eleven BDO - Indoflyer

Planespotting, Sebuah Hobi Yang Berkesan - Indoflyer


Jika teman-teman sudah melihat contoh post tersebut, dapat dilihat perbedaan yang terlihat, yaitu post yang menggunakan fitur single story dan photo uploader semua fotonya diletakan di akhir thread. Sementara post yang menggunakan multi story dan photo uploader dan juga post dengan Insert Image from URL, semua fotonya diletakan sesuai kemauan post creator.

Memang tidak akan terbiasa dari awal, namun seiring dengan aktifnya teman-teman di forum ini maka diharapkan akan terbiasa dengan kebiasaan baru ini.

Salam, superadmin


2
 Likes

Share

Komentar ( 0 )

Need help? contact us at contact@indoflyer.net